Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan Sebagai Cara Mencegah Kanker

Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan Sebagai Cara Mencegah Kanker

Sampai saat ini, kanker adalah penyakit yang telah menjadi momok bagi banyak orang. Bayangkan, hingga saat ini, belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan kanker sepenuhnya. Pakar kesehatan masih berusaha melakukan penelitian dan penelitian untuk menemukan obat kanker.

Meski begitu, kita masih bisa mengurangi risiko kanker dengan mengadopsi gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tidak hanya mengurangi risiko kanker, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup secara umum.

6 Cara mencegah kanker dan mengurangi risiko yang bisa diterapkan

Mengikuti gaya hidup sehat yang perlu diterapkan, sebagai cara untuk mencegah kanker:

  1. Kontrol berat badan Anda

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker. Beberapa kanker ini adalah kanker payudara, ginjal, dan kolorektal. Dengan kehilangan beberapa kilogram, Anda telah sedikit menurunkan risiko kanker.

Selalu perhatikan asupan kalori harian Anda, dan jangan lupa berolahraga secara teratur.

  1. Berolahraga secara teratur

Selain berperan dalam menjaga berat badan, olahraga juga merupakan cara mudah untuk mencegah kanker. Olahraga dapat mengurangi penumpukan hormon yang dapat memicu kanker.

Kurang olahraga juga dikaitkan dengan beberapa jenis kanker. Sebut saja, kanker usus besar, kanker rahim, dan kanker payudara.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat berolahraga ringan selama 150 menit seminggu, atau 75 menit per minggu untuk latihan yang intens. Pilihan olahraga termudah? Tentu saja berjalan, berenang, dan berlari.

  1. Batasi paparan sinar matahari

Sinar matahari penting bagi tubuh karena dapat mengubah kolesterol menjadi vitamin D. Meski begitu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga tidak indah bagi tubuh. Paparan sinar matahari yang berlebihan meningkatkan risiko kanker kulit.

Jangan lupa mengaplikasikan tabir surya, baik ketika ingin meninggalkan rumah atau bekerja di dalam ruangan. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30.

  1. Jauhi rokok

Rokok tidak memberikan manfaat apa pun bagi tubuh. Padahal, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ada banyak risiko penyakit termasuk kanker yang mengintai jika kita merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, kanker tenggorokan, hingga kanker mulut.

Jika Anda bukan perokok, jauhi asap rokok sebanyak mungkin, dan peringatkan orang yang merokok di dekat Anda.

  1. Dapatkan vaksinasi

Anda bisa mendapatkan vaksin untuk mengurangi risiko beberapa kanker. Misalnya, kanker hati melalui vaksin hepatitis B, dan vaksin HPV untuk mengurangi risiko serviks.

  1. Gunakan kondom saat berhubungan seks

Kondom tidak hanya digunakan untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi ini juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker dubur dan kanker tenggorokan.

Selain menggunakan kondom, Anda juga disarankan untuk tidak berganti pasangan dan menjauhi seks bebas dengan orang yang baru Anda kenal.

Cegah kanker dengan mengonsumsi makanan sehat

Makanan sehat penting untuk menjadi asupan utama agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, beberapa makanan sehat juga diketahui dapat mengurangi risiko jenis kanker.

Beberapa jenis makanan yang berpotensi mencegah kanker, yaitu:

  1. Sayuran silangan

Juga dikenal sebagai sayuran antikanker, sayuran cruciferous mengandung sulforaphane yang berkhasiat untuk meminimalkan pertumbuhan tumor. Jenis sayuran yang termasuk dalam kelompok ini adalah bayam, kangkung, dan selada.

  1. Buah-buahan

Banyak buah mengandung molekul antioksidan. Molekul antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu penyakit termasuk kanker. Buah-buahan yang berpotensi mengurangi risiko kanker seperti jeruk, stroberi, blueberry, lemon, apel, dan ceri.

  1. Rempah-rempah

Rempah-rempah tidak hanya berguna untuk membumbui makanan. Rempah-rempah juga dilaporkan bermanfaat untuk mengurangi risiko beberapa kanker. Misalnya, konten curcumin dalam kunyit dikatakan mengurangi risiko kanker usus besar.

Ada juga bawang putih yang mengandung alicin. Kandungan alicin dikaitkan dengan risiko kanker seperti kanker prostat dan kanker pada saluran pencernaan.

  1. Minyak zaitun

Anda dapat mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun yang lebih sehat. Para ahli memperkirakan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi risiko kanker hingga 42%.

  1. Ikan gendut

Ikan berlemak seperti salmon sangat tinggi dengan omega 3 dan vitamin D. Kedua nutrisi ini berpotensi mengurangi risiko kanker yang mengintai di saluran pencernaan.

  1. Teh hijau

Teh hijau dikatakan sebagai minuman paling sehat di dunia. Teh ini mengandung senyawa dan katekin epigallocatechin gallate dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lambung dan paru-paru.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur sehingga Anda dapat mengetahui kondisi tubuh Anda. Jika Anda mencurigai ada sesuatu yang berbeda pada tubuh, seperti benjolan yang muncul, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter.

Sumber: https://www.sehatq.com/articles/cara- mencegah skala besar tanpa biaya

Pos Gaya Hidup Sehat yang Dapat Diterapkan sebagai Cara Mencegah Kanker muncul pertama kali di Early Hospital Bros.